Dinas Ketahanan Pangan Enrekang Bangun Kemandirian Kelompok Wanita Tani

Enrekang – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Enrekang sepanjang hari melakukan pembinaan kepada Kelompok Wanita Tani ( KWT ) Mesa Kada, Desa Masalle, Kecamatan Masalle, Kabupaten Enrekang.

Menurut Kadis Ketahanan Pangan, Fajar Muhiddin, pembinaan ini bertujuan membangun  piranti kesadaran kolektif Kelompok Wanita Tani, membangun mereka melalui optimalisasi potensi ekonomi yg mereka miliki.

Bagaimana seharusnya berkelompok, memberikan diklat pembuatan kompos, pembuatan pestisida nabati (pesnab), mol Nasi, pembuatan hormon tanaman, olahan kripik pisang lasse, krupuk singkong, dan empek2 Talas. Kegiatan ini menjadi materi diskusi dengan para KWT Mesa Kada.

Selain itu, Fajar Muhiddin juga melakukan pembinaan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) desa Masalle, kecamatan Masalle. KRPL adalah program peningkatan kualitas gizi masyarakat melalui ketersediaan keberagaman pangan dipekarangan dalam satu kawasan dusun/desa.

Namun ada yang menarik dalam pembinaan Dinas Ketahanan Pangan kali ini. Beberapa Lansia terlihat dalam kegiatan pembinaan KWT. Uniknya para lanjut usia ini umurnya sudah rata – rata 90 tahun.

“Baru kali ini saya menemukan ibu – ibu lanjut usia yang terlibat dalam kegiatan KWT. Mereka tidak mau kalah dengan ibu-ibu yang masih muda,” Kata Fajar Muhiddin yang sudah membina lebih dari 600 KWT yang tersebar dipelosok Kabupaten Enrekang.

R B

Leave a Reply

Your email address will not be published.